Kamis, 13 November 2008

Untukmu, Pemuda…





Untukmu, Pemuda… kalisari, 13 november 2008



“pencarian jati diri tak akan pernah terhenti, sampai kita menjadi seorang dengan jati diri yang di cintai Illahi Robbi….”



Kita semua tahu, masa muda kita adalah hal yang paling penting buat kita pikirin di hari-hari muda kita, inget! Sahabat Ali bin Abi Tholib pernah bilang, “Bukanlah pemuda yang mengatakan ini bapakku, tetapi pemuda adalah yang mengatakan, inilah aku..”

Dari kalimat singkat kayak gitu, kita bisa pikirin beberapa faedah yang pasti insya Allah bakalan ngaruh banget sama kehidupan kita hari ini, esok, dan yang akan dating.



Ane coba ambil beberapa faedah atau manfaat yang bisa ane dan antum wa antunna semua insya Allah bisa pake faedah-faedah tersebut tentunya. Dan yang pasti, tetap sesuai dengan Al-Quran, juga Sunnah Rosulullah SAW.



Sebelumnya, sekedar info, istilah remaja yang sering di pake buat julukin anak umur 14-17 tahun itu secara ilmu gak ada. Kenapa? Julukan remaja itu di buat untuk menamai masa di mana anak manusia itu lagi masa ‘gamang’ atau bingung. Kenapa begitu? Karena di umur-umur segitu anka manusia lagi bener-bener mencari jati dirinya. Ada yang dengan sukses ngedapetinnya, ada yang jalan, juga ada yang udah salah ngajak-ngajak orang buat ikut salah. Juga di masa itu, anak manusia lagi di buat bingung, gini contohnya, missal ada anak umur 15 tahun, dia minta miniatur robot atau mobil, eh kata orang tuanya “kamu tuh, udah gede juga, masih minta mainan kayak gitu”. Di lain waktu, anak itu nasehatin orang tuanya, tapi kata orang tuanya, “kamu tuh, masih kecil udah ngomong kayak gitu..”, nah loh!, hal yang kayak gini yang bikin si anak bingung dan berpikir,”sebenernya saya nih udah gede, apa masih kecil?”. Jadi, yang sesungguhnya adalah, hanya ada dua masa, yaitu masa anak-anak, dan masa dewasa.



Nah, dari perkataan Ali bin Abi Tholib di atas sono,kita bisa tahu arti pemuda itu sendiri. Ane pemuda, antum pemuda, antunna pemudi. Bisa kita liat di sekitar kita, pemuda yang di anggep keren tuh yang pake levis, pake baju minimal yang bermerek, celana kedodoran de el el. Di TV misalnya, di TV itu banyak pendakwah tapi dakwah mereka ngajak kita jadi kaum hedonis, materialis, pesimistis, bahkan berkumis. Siapakah pendakwah itu? Ya selebritis!



Sadar gak sadar, TV berhasil mempengaruhi kehidupan seseorang sampe 80%. Gara-gara TV seorang bapak bisa tega memperkosa anaknya, gara-gara TV banyak balita Indonesia jadi pegulat, gara-gara TV Ibu-ibu Indonesia bisa dengan sangat khusyuk meninggalkan sholat maghrib, gara – gara mau liat sinetron, yang jelas-jelas udah rusak!.



Di TV juga kita bisa ketipu arti dari “PEMUDA” yang sebenarnya. Di TV kita liat anak SMA pake baju yang bener-bener kurang bahan, nonton film porno, ngerokok de el el…terkesan seolah-olah, kayak gitu tuh pemuda yang beken, banyak fans, patut di contoh, Huek!!!.



Yang paling nyakitin tuh munculnya sinetron yang judulnya ‘Cowok Cowok Keren’, di situ seolah-olah cowok keren tuh yang kayak ‘gitu’. Di film itu gak segan-segan ngomongin tentang seks, hobi ngambil celana dalem pacar, de el el… Astaghfirullah… dan juga, sinetron itu ber-rating ‘BO’, Bimbingan Ortu!!! Dengan kata lain, anak-anak yang udah bisa mencet remote TV boleh nonton film itu dengan dampingan ortu di samping mereka… Innalillahi… sekali lagi, ane katakan…



“Inilah Negrimu Nak…”



Padahal kita semua tahu, pemuda itu adalah tonggak bangsa, pondasi perjuangan, pembangun kebangkitan suatu ummat, dan merupakan contoh untuk calon-calon pemuda di masa yang akan datang.

Kalau bukan karena pemuda, Islam gak akan berkembang sampe kayak sekarang. Kalau bukan karena pemuda, Indonesia gak akan merdeka. Tapi, sekali lagi ane katakana…



“Inilah Negrimu Nak…”



Kita yang masih di sebut pemuda, seharusnya menyadari ini semua, dengan berusaha merubah hidup kita, kayak kata Aa Gym, Mulai dari diri sendiri, Mulai dari hal yang kecil, mulai dari sekarang. Tapi inget, perubahan bukan berarti kebaikan. Ada orang yang berubah, tapi malah jadi makin buruk, namun, gak sedikit orang berubah jadi lebih baik dari sebelumnya.



Dari perkataan Ali bin Abi tholib di atas kita bisa tahu, yang pantas di sebut pemuda itu, adalah mereka yang sudah mandiri. Mandiri bukan berarti hidup tanpa orang tua, banyak anak yang sudah mandiri, tapi masih tinggal sama orang tua, dia menunjukkan kemandiriannya itu, dengan terus berusaha untuk tidak menyakiti hati orang tuanya, atau bahkan ikut menanggung beban orang tuanya.



Banyak anak SMA Indonesia, kalo ada masalah sama temennya, terus berantem, eh ujung-ujungnya bawa-bawa ortunya buat nyelesaiin masalahnya, terus habis itu bergaya seolah-olah keren padahal preman, yang udah tentu orang yang gak suka sama dia lebih banyak daripada orang yang suka sama sifatnya dia. Bukannya anak yang kayak gitu nyusahin orang lain? Bukannya anak yang kayak gitu lebih baik di binasakan? Dari pada bikin ulah…



Jadi, udah tentu dan pasti kita harus jadi pemuda yang sebenar-benarnya pemuda, menjadi seorang manusia yang sangat bermanfaat buat manusia yang lain, bukan jadi manusia yang bisanya nyusahin orang lain. Kita harus bisa jadi manusia yang tetep bisa menghormati orang lain dan menghargai orang lain, meskipun kita memiliki ‘kedudukan’ yang lebih tinggi dari orang lain, belum tentu di mata Allah kita lebih tinggi.



Maka akhi, ukhti, yuk kita rubah diri kita jadi seseorang yang ‘keren’ di mata Allah. Kita sama-sama berubah menjadi pribadi sholih dan mushlih. Kita berusaha sekuat tenaga tetap menjaga perilaku Al-Quran dalam hidup kita. Kita berusaha menjadikan pribadi kita bercahaya karena Sunnah.



“semoga kita menjadi seseorang yang indah karena Taqwa…”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar