Kamis, 13 November 2008

FILSAFAT PERSAHABATAN

"Orang yan mulia tidak akan mencela dirinya sendiri, Seseorang akan menjadi lebih baik dengan memiliki sahabat yang baik pula"

wah gak terbayangkan ya kalo kita hidup cuma dewekan eh maaf maksud ane sendirian, bagi ane hidup sendirian tu kagak enak, apalagi kagak punya sahabat sejati. Menurut banyak orang, sahabat sejati itu lebih berharga ketimbang emas. Nach kita memang ga bisa hidup sendirian, apalagi kita anak muda pasti dalam keseharian dan kehidupan pasti membutuhkan sahabat dan pasti punya sahabat sejati. di Atas ane udah memberikan pernyataan bahwa seseorang akan baik jika mempunyai sahabat yang baik. Rasulullah pun pernah bilang kalo orang yang berteman dengan orang pandai besi pasti kecipratan apinya dan orang yang berteman dengan penjual minyak wangi pasti akan kecipratan wanginya.

Sahabat sejati itu apa sich? kalo menurut ane sahabat sejati adalah orang yang jujur dengan diri kita, yang mau mengorbankan dirinya untuk kita dengan niat mencintai diri kita karena Allah. dalam sebuah persahabatan itu seharusnya mengutamakan kepentingan orang lain, bersungguh-sungguh dan berkorban ketika menghadapi kesulitan dan kesempitan, bukan orang yang mau berkorban ketika dalam keadaan lapang.

Nach keadaan sulit dan sempit itu bisa membantu kita menemukan sahabat sejati. karena sahabat sejati itu selalu ada ketika kita senang, bahagia, kesusahan dan kesulitan. kalo zaman sekarang ketika senang sahabat pasti ada tapi kalo kita udah susah pasti sahabat pada kagak mau peduli. pada hakikatnya pun kita memiliki tabiat yang tak lepas dari kesalahan dan kekurangan. Dalam sejarah tidak ada cuka yang bersih dari rasa asam, sama juga tidak akan ada sahabat yang suci tanpa kesalahan sama sekali.

Fudhail bin Iyadh pernah bilang, "siapa yang mencari sahabat yang tidak memiliki cacat apapun, dia tidak akan pernah mendapatkannya.

carilah dan temukanlah sahabat sejati kita. sahabat yang ada ketika kita senang dan tidak berpaling ketika kita kesusahan tetapi juga terimalah apa yang di miliki oleh sahabat kita, jangan mencari sahabat yang sempurna yang tak punya kesalahan dan kekurangan apapun. karena kesempurnaan itu adalah ketika kita mau menerima dan memahami kekurangan dan kesalahannya. Carilah sahabat yang mencintai kita karena Allah dan selalu mengingatkan kebenaran dalam kesabaran, sahabat yang membuat kita termotivasi tuk menjadi lebih baik

"aku tidak akan mendapatkan seorang sahabat jika selalu bersikap emosi. Reaksi terbaik adalah dengan bersikap pura-pura tidak mengetahui kesalahannya tetapi aku memetik manfaat dari akhlak dan mengambil pelajaran dari etika baik yang di contohkannya"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar