Kamis, 13 November 2008

MENGAPA HARUS BERADA DI JALAN DAKWAH?




mengapa harus berada di jalan dakwah? tentu banyak uraian alasan terhadap alasan ini. tapi sebelum menguraikan alasan mengapa harus di jalan dakwah, sesungguhnya jalan dakwah ini merupakan kebutuhan kita sendiri. Rasa kebutuhan yang melebihi sekedar merasakan bahwa jalan ini merupakan kewajiban yang harus kitalakukan. bahkan lebih dari sebuah kebutuhan, karena kita melangkah di jalan ini merupakan bagian dari rasa syukur kita atas hidayah yang telah dilimphkan oleh Allah SWT kepada kita.

Jalan Dakwah, mengajarkan kita umtuk tetap hidup walau pahit dalam menjalaninya. Lalu ukhuwah kita menegaskan bahwa kita membutuhkan orang lain dalam hidup ini. karena Rasulullah bersabda "Barangsiapa mengajak kepada petunjuk Allah, maka ia akan mendapatkan pahala yang sama seperti jumlah pahala orang yang mengikutinya tanpa dikurangi sedikitpun oleh pahala mereka" (HR. Muslim)

ada banyak orang-orang mulia yang telah menuai pahala begitu banyak dan berkuadrat-kuadrat karena telah menyebabkan kita mengenal islam. ada banyak orang-orang mukmin di jalan dakwah yang memperoleh nilai-nilai pahala yang besar dikarenakan upaya mereka membimbing kita untuk melangkah di jalan ini.

apakah kita tak ingin seperti mereka yang telah banyak memperoleh pahala dan keridhaan Allah SWT karena peran-peran mereka di jalan dakwah. Dan karena itulah, kita membutuhkan jalan ini, jalan yang dapat menyangga kebahagiaan di dunia dan akhirat, tempat turunnya limpahan rahmat dan kasih sayang Allah SWT, dan tak ada makhluk Allah yang mendapatkan dukungan doa seluruh makhluknya kecuali mereka yang mengupayakan perbaikan umat serta tetap komitmen di jalan dakwah. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, "sesungguhnya Allah, para malaikat, semut yang ada di dalam lubangnya, bahkan ikan yang ada dilautan akan berdoa untuk orang yang mengajak dan mengajarkan kebaikan kepada manusia" (HR. Tirmudzi)

alasan lainnya, karena dakwah ini akan menjadi penghalang turunnya azab Allah SWT. "Dan ingatlah ketika suatu umat diantara merekaberkata: mengapa kamu menasehati kaum yang Allah akan membinasakan mereka atau mengazab mereka dengan azab yang sangat keras? mereka menjawab: agar kami mempunyai alasan (pelepas tanggung jawab) kepada tuhanmu, dan supaya mereka bertakwa" (QS Al-a'raf : 164)

saya berharap kita semua selalu ada di jalan ini dan tak akan meninggalkan jalan ini sampai raga kan berpisah dengan ruh. agar kita tidak dilupakan oleh Allah SWT di padang mahsyar kelak, agar kita selalu dalam naungan nur dan limpahan rahmat serta mendapatkn keridhaannya

karena kita hidup hanya untuk memilih satu jalan tidak semua jalan

tetapkan jalan kalian, ambil perjanjian yang allah janjikan kepada kita, jangan sampai kita menyesal wahai akhi ukhti


TERUSKAN PERJUANGAN YA AKHI WA UKHTI ...

1 komentar: